Central Kursus – Perbedaan Water Transfer Printing dengan Stiker

Halo sobat Central Kursus, stiker adalah salah satu media promosi yang sering dipakai untuk menjukkan suatu identitas maupun sebagai alat yang menyampaikan materi visual. Stiker umumnya memuat sebuah gambar, desain atau sebuah corak yang dimana memiliki perekat yang siap langsung ditempelkan dengan objek yang dikehendaki. Stiker dengan perekat yang kuat ini biasanya siap untuk ditempelkan di beberapa tempat seperti tembok rumah, papan pengumuman, kaca jendela bahkan seringkali ditempelkan di kendaraan bermotor. Stiker sendiri ada yang mudah rusak bila terkena air ( bahan kertas full ) ada juga yang sifatnya waterproof jadi tidak akan mudah rusak bila terkena hujan maupun ketika dicuci ( plastik ).

Namun stiker yang melekat pada kendaraan bermotor biasanya ada 2 jenis yakni stiker promosi dan stiker variasi. Nah, stiker variasi ini mempunyai tujuan jelas untuk membuat tampilan kendaraan tampil beda. Salah satu jenis stiker yang kekinian yang hampir digunakan rata2 kendaraan bermotor adalah jenis scotlite atau skotlet. Dimana dengan aneka warna dan transparan. Penggunaan media ini umumnya bertujuan melindungi cat asli kendaraan agar tetap awet dan tidak pudar. Namun ada pula yang murni untuk keperluan variasi.

Makin kesini kebutuhan akan variasi dan modifikasi kendaraan makin upgrade. Terlebih ketika mulai hadir water transfer printing atau yang dikenal dengan hydrographic ini membuat para pecinta variasi mulai beralih ke media ini untuk keperluan variasi.

Hanya saja, banyak yang berfikir jika water transfer printing ini adalah stiker. Sehingga mungkin ada yang menyebutnya sebagai stiker water transfer printing. Sekilas mungkin akan sama dengan stiker, dimana media ini juga berbentuk lembaran yang nantinya akan siap ditempel ke bagian yang diinginkan. Tapi, kenyataanya ini bukanlah stiker. Untuk lebih jelasnya, Tim Central Kursus akan mengulas …

Perbedaan Water Transfer Printing dengan stikerĀ 

1. Pertama : Stiker memiliki perekat yang lengket dan siap ditempelkan jika lapisan rekatannya dilepas. Namun, water transfer printing ini sama sekali tak memiliki rekatan. Sehingga jika ditempelkan begitu saja tentu langsung akan terlepas dari tempatnya.

2. Kedua : lembaran Stiker bila terkena percikan air tidak akan mengakibatkan kerusakan, terlebih untuk jenis stiker yang waterproof 100% tetap bisa dipakai. Berbeda dengan lembaran water transfer printing yang apabila terkena percikan air akan akibatkan film seperti meleleh, benyek dan tak bisa dipakai. Hal itulah yang akibatkan banyaknya distributor water transfer printing memperhatikan kondisi gudang dari kebocoran atap rumah, sekaligus menjauhkan dari air dengan lokasi stokist.

3. Ketiga : Dari segi cara menempelkan pada sebuah tempat. Stiker hanya butuh melepas lapisan perekat saja dan membutuhkan bantuan alat korek api untuk mengikuti lekukan-lekukan benda dengan tingkat ekstrem lekukan dengan maksimal daya kesulitan lekukan 30%. Sedangkan untuk water printing membutuhkan air & aktivator untuk bisa dilekatkan pada sebuah benda dengan teknik celup dan mampu mengikuti lekukan sampai tingkat kesulitan diatas 80%.

4. Keempat : Stiker sendiri memiliki karakter mudah terkelupas bahkan dengan tangan kosong sekalipun. Hal ini memudahkan pemilik gonta ganti stiker. Berbeda dengan water transfer printing yang melekat sempurna karena ini berbahan campuran cat. Sehingga awet. Namun repotnya jika ingin melepas dibutuhkan amplas sebagaimana melepas warna cat pada kendaraan.

5. Kelima : Stiker umumnya bisa dipasang oleh rata-rata bengkel variasi. Namun untuk water transfer printing tentunya membutuhkan spesialis yang sudah terbiasa dengan aplikasi ini.

6. Keenam : Untuk keperluan penempelan di sebuah lokasi. Stiker tidak membutuhkan banyak sekali alat, bahkan dengan tangan kosong sekalipun bisa. Namun kekuranganya mudah lepas juga. Water transfer printing dalam aplikasi membutuhkan air & bak, cairan aktivator, alat penyemprot, amplas dan juga cat clear untuk hasilkan warna yang lebih kilat.

7. Ketuju : Bahan-bahan stiker umumnya bisa didapat dari berbagaiĀ  tempat baik itu di bengkel variasi, toko keperluan bengkel bahkan bisa pula dipesan di percetakan di berbagai kota. Untuk water transfer printing didapatkan dari distributor dan juga agen-agen

8. Dan seterusnya

 

Nah, itu dia sobat sedikit informasi mengenai perbedaan water transfer printing dan stiker…

Bagi Anda yang ingin mendalami keahlian di bidang ini. Anda bisa mengikuti program kursus private dari Central Kursus.

Untuk informasi detail, silahkan hubungi kami !

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *